Tips Jadi Juragan Tanah: Promosi Online Zaman Sekarang Hukumnya Wajib! Ini Alasannya

Harga properti yang cenderung melambung dari tahun ke tahun membuat sektor properti semakin dilirik untuk investasi. Bicara tentang bisnis properti, bisnis jual beli tanah bisa jadi pilihan untuk Anda yang ingin memulai bisnis properti namun modal terbatas. Biaya jual beli tanah umumnya memerlukan modal hanya untuk membeli tanah serta biaya untuk mengurus perizinan dan legalitas.


Kalaupun modal yang dimiliki tak cukup, Anda bisa mempertimbangkan untuk menjadi broker atau makelar tanah. Tugas seorang broker adalah menjadi perantara antara pembeli penjual. Model bisnis ini bisa dijalankan nyaris tanpa modal. Keuntungan yang diperoleh bisa untuk tambahan modal membeli tanah. Asalkan dijalani secara serius, bukan tidak mungkin Anda menjadi juragan tanah dalam waktu dekat.

Jarang ada yang mengalami kerugian ketika menjual kembali properti yang dulu dibeli. Namun, menjual aset properti termasuk tanah tak semudah menjual emas atau saham. Terkadang butuh waktu berbulan-bulan hingga tahunan untuk menjualnya. Inilah salah satu tantangan terbesar ketika Anda menjadi broker tanah.

Cukup sering kita menemukan lahan kosong di pinggir jalan dengan spanduk “dijual cepat” atau bahkan “dijual cepat tanpa perantara.” Spanduk dengan tulisan seperti itu belum cukup untuk membuat tanah tersebut laku terjual dalam waktu cepat. Hal ini karena jangkauan dari metode promosi konvensional seperti itu cenderung terbatas. Untuk itu, para pelaku bisnis properti perlu memutar otak untuk mempromosikan properti yang dijualnya secara lebih efektif dan efisien.

Berkat teknologi, sebetulnya promosi berbagai jenis bidang bisnis menjadi lebih mudah dan cepat. Perkembangan teknologi yang begitu pesat dalam beberapa tahun terakhir ini telah menyentuh berbagai aspek dalam kehidupan. Tak terkecuali dunia bisnis. Dan para pelaku bisnis mau tak mau harus menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologi agar tak jauh tertinggal.

Salah satu dampak besar dari perkembangan teknologi adalah semakin mudahnya akses internet. Hal ini hendaknya dijadikan peluang yang besar oleh para pelaku bisnis untuk mempromosikan produknya. Sudah banyak pelaku bisnis yang memanfaatkan internet dan media online untuk mempromosikan produk dan meraih keuntungan yang cukup besar. Para pelaku bisnis properti juga sebetulnya sangat bisa memanfaatkan internet sebagai sarana berpromosi.

Zaman sekarang ini bisa dikatakan era digital di mana internet dan media online merupakan sarana yang sangat bagus untuk mempromosikan produk maupun jasa. Terlebih lagi pengguna internet dilaporkan semakin bertambah jumlahnya dari waktu ke waktu. Tentu hal ini membuat produk yang dipromosikan secara online semakin berpeluang untuk dilihat oleh lebih banyak orang. Pasalnya, internet mampu menjangkau konsumen lebih luas dan tak terbatas lintas daerah, lintas provinsi, maupun lintas negara dan benua.

Promosi online juga bisa dilakukan nyaris tanpa modal dan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Selama tersedia gadget yang terhubung ke internet, Anda bisa melakukan promosi online dengan memanfaatkan sosial media populer seperti Facebook dan Instagram. Ya, kedua platform media sosial ini merupakan media sosial dengan pengguna terbesar. Maka wajar bila banyak orang yang menggunakan kedua media sosial itu untuk berjualan secara online karena memang sangat potensial.

Tak cuma membeli pakaian, bahkan semakin banyak orang yang mencari properti secara online. Buktinya, kini semakin banyak tersedia forum atau situs jual beli properti. Anda manfaatkan bisa memanfaatkan situs-situs tersebut secara cuma-cuma. Anda bisa beriklan di situs-situs tersebut tanpa dipungut biaya alias gratis. Jika ingin promosi online yang lebih tertarget, Anda bisa memanfaatkan iklan berbayar di sosial media ataupun situs jual beli properti terpercaya.

Membuat blog juga akan sangat membantu dalam mempromosikan tanah yang akan dijual. Banyak pula platform blog gratis yang bisa dimanfaatkan. Konten blog bisa diisi dengan gambar dan artikel-artikel yang berkaitan dengan properti. Untuk meningkatkan pengunjung ke blog, pelajarilah cara optimisasi mesin pencari agar blog Anda bisa terindeks oleh mesin pencari internet.

Penting untuk diingat saat melakukan promosi online, calon pembeli juga membutuhkan informasi yang rinci mengenai tanah yang hendak Anda jual, tak hanya gambarnya saja. Maka dari itu, pastikan konten promosi disertai dengan informasi selengkap mungkin, seperti luas tanah, lokasi, harga, dan nomor penjual yang bisa dihubungi.

Postingan populer dari blog ini

Tips Aman Membeli Tanah: Intip dan Periksa Dulu Informasi Tanah Incaran Anda!

Bagaimana Hukum Jual Beli Tanah di Dalam Islam?